Ultimate magazine theme for WordPress.

Mudik dan Pulang Kampung

Sosial Media dari malam tadi hingga sekarang masih saja ribut dengan persoalan mudik dan pulang kampung.

472

Sosial Media dari malam tadi hingga sekarang masih saja ribut dengan persoalan mudik dan pulang kampung. Pernyataan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di acara Mata Najwa pada rabu malam (22/04/2020) adalah pemicunya.

Menurut Presiden, Mudik dilakukan menjelang hari raya, sedangkan pulang kampung dilakukan jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan. Lebih lanjut, dalam wawancara tersebut, Presiden juga mengatakan bahwa mereka yang pulang kampung, karena di kota yang sekarang sudah tidak memiliki imbas karena penerapan PSBB di beberapa wilayah. Selain itu mereka yang pulang kampung juga akan diisolasi karena saat ini perangkat desa sudah banyak menerapka isolasi bagi tamu luar.

Jika kita melihat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pertama dari mudik adalah kata kerja untuk (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman). Lalu pengertian kedua adalah kata kerja percakapan untuk pulang ke kampung halaman.

Sementara Pulang Kampung menurut KBBI adalah kembali ke kampung halaman.

Bagi Bang Apin pribadi, penggunaan kata Mudik dan Pulang Kampung tentu harus ditempatkan pada posisi yang pas. Pulang kampung biasanya digunakan tidak pada masa lebaran, waktunya bebas. Mau pulang kampung kapan saja silakan.

Sedangkan mudik, dipakai saat momen hari raya atau sebelum hari raya. Karena saat ini Mudik sudah menjadi tradisi saat hari raya,

Yang menjadi permasalahan saat ini adalah Pulang kampung ataupun mudik di masa Pandemi Corona tentu sama-sama berbahaya. Mau mudik atau pulang kampung tetap terjadi pergerakan massa. Apalagi merekayang berasal dari kota-kota yang berada di Zona Merah Covid-19.

Marilah seluruh rakyat Indonesia, yang jadi permasalahan dalam artian Mudik dan Pulang Kampung ini sebenarnya apa? Toh Pemerintah pertanggal 21 April 2020 juga sudah melarang untuk Mudik.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.