Ultimate magazine theme for WordPress.

CARA DAFTAR BPJS KESEHATAN LEWAT APLIKASI

0 336

Indonesia memiliki progam jaminan kesehatan bagi setiap warga nya yang menjadi anggota. Program BPJS Kesehatan diluncurkan sejak 1 Januari 2014 yang sebelumnya diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Tujuan dari program ini jelas untuk membantu masyarakat Indonesia yang sedang membutuhkan biaya berobat di klinik maupun di rumah sakit.

BPJS Kesehatan pun mengikuti perkembangan jaman yang berbasis teknologi dengan meluncurkan aplikasi JKN. Aplikasi inilah yang diharapkan dapat memudahkan anggota BPJS dengan fitur-fitur yang disajikan dalam aplikasi tersebut.

Sayangnya, fitur ini hanya dapat dinikmati oleh peserta BPJS Kesehatan. Terdapat dua jenis keanggotan dalam BPJS Kesehatan, peserta mandiri dan peserta penerima upah. Bagi Anda penerima upah atau pekerja di sebuah perusahaan, keanggotaan BPJS Kesehatan akan didaftarkan oleh perusahaan Anda masing-masing. Namun, bila Anda merupakan seorang wirausahawan dan ingin mendaftar BPJS Kesehatan, maka Anda akan dikategorikan sebagai peserta mandiri.

Bagi Anda yang susah mencari waktu untuk mendaftarkan diri ke kantor BPJS, ada cara alternatif untuk menghemat waktu dan tenaga Anda. Yaitu dengan mendaftar melalui aplikasi BPJS JKN. Aplikasi ini dapat Anda unduh di google playstore dan dipasang ke handphone android Anda. Langkah selanjutnya, bisa disimak dibawah ini.

Setelah aplikasi terunduh di handphone Anda, buka aplikasi dan akan Anda temui 2 jenis pilihan, yaitu ”Pendaftaran Peserta Baru”, “Pendaftaran Pengguna Mobile”, dan “Login”. Untuk mendaftar BPJS Kesehatan, pilih “Pendaftaran Peserta Baru” kemudian akan diarahkan untuk mengisi nomor e-KTP.

Silakan isi NIK seperti yang tertera pada e-KTP. Selanjutnya, tekan tombol “Cari” dan selanjutnya akan muncul semua daftar keluarga yang terdapat dalam satu KK sekaligus informasi bahwa belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Proses dilanjutkan dengan mengisi seluruh biodata anggota keluarga. Namun karena aplikasi ini telah terhubung dengan dispendukcapil, jadi Anda hanya perlu memilih NIK anggota yang dimaksud. Dengan begitu, semua data akan muncul dengan sendirinya.

Untuk pembayaran iuran, Anda hanya perlu memasukkan nomor rekening yang dimiliki. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan nomor telepon dan alamat email yang aktif. Akan ada email verifikasi dari BPJS untuk memastikan bahwa email Anda aktif dan dapat dipergunakan selanjutnya.

Kemudian Anda akan menerima email berisi virtual account yang digunakan untuk melakukan iuran pertama. Perlu diingat bahwa iuran hanya dapat dilakukan 14 hari dan maksimal 30 hari setelah menerima nomor VA. Setelah melakukan pembayaran, hubungi care center BPJS untuk mendapatkan nomor peserta.

Nomor peserta tersebut digunakan untuk mengakses kembali aplikasi BPJS Kesehatan. Namun saat ini, Anda memilih “Pendaftaran Pengguna Mobile”. Lalu Anda akan dihadapkan pada formulir yang harus diisi. Antara lain nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, nomor handphone yang aktif, password dan konfirmasi password. Setelah pengisian selesai, pilih “Register” lalu klik “Oke”.

Setelah itu, BPJS akan mengirimkan email berisi link verifikasi akun mobile JKN. Kemudian tekan tombol “verify” yang ada. Saat verifikasi email berhasil, maka Anda bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut. Login dapat Anda lakukan setelah melakukan verifikasi email dengan cara memasukkan alamat email atau nomor BPJS Anda beserta password yang telah Anda buat diawal.

Memang tidak ada yang menginginkan sakit. Namun, dengan memiliki keanggotaan BPJS dapat merasa aman saat tiba-tiba mendapat cobaan sakit. selalu berdoa agar dihindarkan dari segala sakit yang berat, dan selamat mencoba cara daftar bpjs online.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.