Ultimate magazine theme for WordPress.

Tujuan Penyelenggaraan atau Seni Pementasan Teater

1,254
Menurut ensiklopedia Bahasa Indonesia, seni pertunjukan adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Seni pertunjukan biasanya melibatkan empat unsur, yaitu waktu, ruang, tubuh seniman, dan hubungan seniman dengan penonton. jenisnya dapat berupa seni akrobat,komedi atau lawak, tari, pentas, ataupun opera.
Pertunjukan atau pementasan teater adalah suatu pementasan cerita yang dipertunjukkan atau dipertontonkan kepada masyarakat agar diamati, dinilai, dan dihargai. Penyelenggaraan teater tentu didasari oleh tujuan tertentu.
Tujuan dari suatu penyelenggaraan teater diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Informasi/Penerangan

Pementasan teater yang memiliki tujuan informasi atau penerangan digunakan untuk memberikan suatu keterangan atau penerangan mengenai suatu hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan oemerintah. Jadi, mengadakan pertujukan untuk mengumpulkan banyak orang guna diberi penjelasan atau keterangan agar masyarakat mengetahui informasi yang penting.

2. Tujuan Amal atau Sosial

Suatu pertunjukan teater yang digunakan untuk kegiatan amal dilakukan dengan cara mengumpulkan masyarakat dan memberikan penjelasan tentang kegiatan amal yang dimaksud. Selanjutnya, masyarakat yang hadir dimohon kesadaran dan keikhlasannya untuk melakukan kegiatan amal atau sosial Pertunjukan amal ditujukan untuk membantu kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan untuk menunujkkan kepedulian kita kepada sesama yang sedang mengalami musibah

3. Tujuan Komersial

Rancangan dalam mengadakan pertunjukan komersial yaitu mengumpulkan dana semata-mata guna mencari keuntungan materiil. Sehingga dalam pertunjukan tersebut seseorang yang menonton dipungut biaya atau membayar dengan cara membeli tiket.

4. Tujuan Hiburan

Suatu pertunjukan teater yang memiliki tujuan hiburan diselenggarakan dengan secara sengaja hanya untuk menghibur masyarakat agar masyarakat bisa melakukan refreshing atau penyegaran spritual.

Tentu saja tujuan-tujuan lain dari pementasan teater tidak sebatas empat hal diatas saja. Nanti akan kami share kembali tujuan lain dari pementasan teater ini.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda para pelajar dan siapapun yang membacanya. Jangan lupa silakan klik bagikan agar menjadi ladang amal bagi anda. Share bermanfaat tidak akan rugi kok.
Selain itu banyak juga info lain yang akan kami bagikan kepada anda semua. tetap pantau blog BangApin.com dimanapun kalian berada. Thank You
Tujuan Penyelenggaraan atau Pementasan Teater
You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.